Jumat, 29 Maret 2013

KLASIFIKASI JAMBU BIJI



DETERMINASI DAN KLASIFIKASI
A.  Determinasi
1B–2B–3B–4B–6B–7B–9B–10B–13B–14B–16A. GOLONGAN 10 Daun tunggal terletak berhadapan
239B–243B–248B–249B–250A–251B–253B–254B–255A.94. Myrtaceae 1B–2A. Psidium guajava
B.     Klasifikasi
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Sub Kingdom  : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Magnoliopsida (Berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        : Rosidae
Ordo                : Myrtales
Famili              : Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus              : Psidium
Spesies            : Psidium guajava L.

            Tumbuh pada tempat terbuka, tumbuh liar dan dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.200 m dpl. Tanaman jambu biji sebenarnya dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Jambu biji dapat tumbuh baik pada lahan yang subur dan gembur serta banyak mengandung unsur nitrogen, bahan organik, atau pada tanah yang keadaan liat dan sedikit pasir. Derajat keasaman tanah (Ph) tidak terlalu jauh berbeda dengan tanaman lainnya, yaitu antara 4,5-8,2 dan bila kurang dari pH tersebut maka perlu dilakukan pengapuran terlebih dahulu. Tanaman jambu biji dapat tumbuh dan berkembang serta berbuah dengan optimal pada suhu sekitar 23-28o C disiang hari. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan penurunan hasil atau kurang sempurna (kerdil), yang ideal musim berbunga dan berbuah pada waktu musim kemarau yaitu sekitar bulan Juli.

           Tanaman buah jambu (Psidium guajava) merupakan salah satu tanaman tropis. Tanaman ini dikenal dengan sebutan jambu biji. Tanaman ini sudah digunakan sejak lama untuk pengobatan tradisional terutama daun, kulit, dan buahnya.Jambu Biji (Psidium guajava) mengandung berbagai macam zat gizi yang dapat digunakan sebagai obat.
            Jambu Biji (Psidium guajava) tersebar meluas sampai Asia Tenggara temasuk Indonedia, sampai Asia Selatan, India, dan Srilangka.
            Jambu Biji temasuk tanaman perdu dan memiliki banyak cabang dan ranting;batang pohonnya keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji bewarna coklat dan licin. Apabila kulit kayu jambu biji tersebut dikelupas, akan terlihat batang kayunya basah. Bentuk daun umumnya bercorak bulat telur dengan ukuran agak besar. Bunganya kecil-kecil bewarna putih dan muncul dari balik ketiak daun. Pada umur 2-3 tahun jambu biji sudah  mulai berbuah. Bijinya terdapat pada daging buahnya. Biji jambu biji berkeping dua, berbentuk bulat dan keras. Di dalam satu buah jambu biji terdapat banyak biji.
            Jambu biji dapat tumbuh pada tempat terbuka, tumbuh liar dan dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.200 m dpl. Tanaman jambu biji sebenarnya dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Tanaman ini dapat tumbuh subur didaerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut yang banyak mengandung unsur nitrogen, bahan organik atau pada tanah yang keadaannya liat dan berpasir.


keyword: kunci determinasi jambu biji,klasifikasi jambu biji,habitat jambu biji
      

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More